Technology

banner image

Format Membalas Email dalam Bahasa Inggris

Sumber: pixabay.com

Pernahkah kamu dihadapkan pada situasi dimana kamu harus membalas suatu email dengan bahasa Inggris? Hal ini biasanya kita alami saat kita menerima tawaran pekerjaan atau undangan interview dari recruiter sebuah perusahaan Biasanya pihak recruiter akan memberikan kita undangan melalui sebuah email, dan tidak jarang terjadi email yang dikirim tersebut ditulis menggunakan bahasa Inggris. Lalu apakah kita harus membalasnya dengan bahasa Inggris juga? Tentu saja.

Dalam membalas emaildengan bahasa Inggris ini seperti kita menulis surat resmi. Walaupun kita hanya memberikan konfirmasi seperti yes or no, akan tetapi membalas hal penting dalam email perlu diakukan dengan formal dan tidak boleh kita jawab seadanya. Ada beberapa format yang perlu kita ikuti saat membalas email. Berikut adalah formatnya.

 

Salam Pembuka

Kalimat pembuka dalam email resmi adalah hal yang wajib. Pasalnya kalimat ini menunjukkan untuk siapa kamu menulis email. Biasanya dalam bahasa Indonesia, kalimat pembuka ditulis dengan “Yth. Bapak/Ibu” jika menulisnya dengan bahasa Inggris, maka kita cukup menuliskannya dengan “Dear Mr./Mrs” atau langsung saja ditujukan kepada recruiter perusahaan tersebut misalnya “dear recruiter PT....”.

 

Badan Email

Selanjutnya adalah badan email. Badan email ini berisi pokok penting dari email yang kamu kirim. Untuk mengawali menulis badan email, ada baiknya kamu mengucapkan terimakasih terlebih dahulu, misalnya seperti “thank you for the invitation for the job”. Setelah itu kamu bisa memberikan konfirmasi kehadiranmu. Apabila yang ingin kamu tuliskan adalah penolakan, maka kamu harus memberikan alasan penolakan atas undangan tersebut dengan jujur.

 

Penutup

Biasanya penutup dalam surat merupakan ucapan terima kasih ataupun permohonan maaf. Kamu bisa memberikan ucacapan terimakasih atas dipilihnya kamu sebagai kandidat yang lolos ke tahap selanjutnya. Atau kamu bisa mengucapkan permohonan maaf apabila kamu tidak bisa menghadiri undangan yang.

 

Contact Person

Kenapa kamu tetap perlu mencantumkan informasi kontak? Hal ini akan dapat memudahkan perekrut dalam menghubungi di waktu yang akan datang. Meskipun seandainya kamu tidak diterima, bukan berati tidak ada kemungkinan kamu akan dihubungi lagi suatu saat nanti untuk diberikan kesempatan yang lain.

Itulah artikel cara membalas email dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan tambahan informai jika sewaktu-waktu kamu dihadapkan pada situasi demikian. Dikirimnya email menggunakan bahasa Inggris menjadi salah satu gambaran pentingnya kemampuan berbahasa Internasional ini.


Format Membalas Email dalam Bahasa Inggris Format Membalas Email dalam Bahasa Inggris Reviewed by English Station on Desember 24, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.