![]() |
Sumber: pixabay.com |
Pernahkah kamu dihadapkan pada situasi dimana kamu harus membalas suatu email dengan bahasa Inggris? Hal ini biasanya kita alami saat kita menerima tawaran pekerjaan atau undangan interview dari recruiter sebuah perusahaan Biasanya pihak recruiter akan memberikan kita undangan melalui sebuah email, dan tidak jarang terjadi email yang dikirim tersebut ditulis menggunakan bahasa Inggris. Lalu apakah kita harus membalasnya dengan bahasa Inggris juga? Tentu saja.
Dalam membalas emaildengan bahasa Inggris ini seperti kita menulis surat resmi. Walaupun kita hanya
memberikan konfirmasi seperti yes or no, akan tetapi membalas hal penting dalam
email perlu diakukan dengan formal dan tidak boleh kita jawab seadanya. Ada beberapa
format yang perlu kita ikuti saat membalas email. Berikut adalah formatnya.
Salam Pembuka
Kalimat pembuka dalam
email resmi adalah hal yang wajib. Pasalnya kalimat ini menunjukkan untuk siapa
kamu menulis email. Biasanya dalam bahasa Indonesia, kalimat pembuka ditulis
dengan “Yth. Bapak/Ibu” jika menulisnya dengan bahasa Inggris, maka kita cukup
menuliskannya dengan “Dear Mr./Mrs” atau langsung saja ditujukan kepada
recruiter perusahaan tersebut misalnya “dear recruiter PT....”.
Badan Email
Selanjutnya adalah badan
email. Badan email ini berisi pokok penting dari email yang kamu kirim. Untuk mengawali
menulis badan email, ada baiknya kamu mengucapkan terimakasih terlebih dahulu,
misalnya seperti “thank you for the invitation for the job”. Setelah itu kamu
bisa memberikan konfirmasi kehadiranmu. Apabila yang ingin kamu tuliskan adalah
penolakan, maka kamu harus memberikan alasan penolakan atas undangan tersebut
dengan jujur.
Penutup
Biasanya penutup dalam
surat merupakan ucapan terima kasih ataupun permohonan maaf. Kamu bisa memberikan
ucacapan terimakasih atas dipilihnya kamu sebagai kandidat yang lolos ke tahap
selanjutnya. Atau kamu bisa mengucapkan permohonan maaf apabila kamu tidak bisa
menghadiri undangan yang.
Contact Person
Kenapa kamu tetap perlu
mencantumkan informasi kontak? Hal ini akan dapat memudahkan perekrut dalam
menghubungi di waktu yang akan datang. Meskipun seandainya kamu tidak diterima,
bukan berati tidak ada kemungkinan kamu akan dihubungi lagi suatu saat nanti
untuk diberikan kesempatan yang lain.
Itulah artikel cara
membalas email dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan tambahan informai
jika sewaktu-waktu kamu dihadapkan pada situasi demikian. Dikirimnya email
menggunakan bahasa Inggris menjadi salah satu gambaran pentingnya kemampuan
berbahasa Internasional ini.

Tidak ada komentar: