Technology

banner image

Cara Agar Anak Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini

 

Source: freepik.com

Cara Agar Anak Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini

Hi mom Hi dad.. pernah kan liat anak kecil yang bukan bule tapi fasih berbahasa Inggris. Pasti akan sangat membanggakan apabila anak kita juga sefasih itu dalam berbicara bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional fasih berbahasa Inggris sejak dini akan sangat membantu anak bisa meraih cita-citanya. Selain itu memiliki kemampuan bahasa yang mana digunakan oleh seluruh negara akan membuat anak memiliki peluang yang lebih baik dikemudian hari.

Sebelum memutuskan mengambil program kursus atau belajar bahasa Inggris di sekolah. Sebagai orang tua kita bisa loh mengajari anak untuk fasih sedari dini. Selain itu tanpa ketertarikan terlebih dahulu akan bahasa Inggris nantinya anak juga akan kesulitan dalam belajar. nah mengantisipasi hal tersebut, mari simak beberapa tips berikut ini agar moms and dad bisa mengarahkan anak agar fasih berbahasa Inggris sejak dini.

Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris

Pada dasarnya tidak ada usia khusus untuk mengajari anak bahasa asing. Akan tetapi lebih cepat dan lebih dini maka akan lebih bagus. akan tetapi juga jangan terlalu dini, ambillah usia rentan 3-6 tahun sebelum masa sekolah. Di usia tersebut juga disebut sebagai masa keemasan anak yang mana mereka akan sangat cepat dalam menangkap pembelajaran-pembelajaran baru yang baru mereka terima. Di usia tersebut mereka merupakan pembelajar bahasa terbaik.

Meski disebut sebagai pembelajar bahasa yang handal. Akan tetapi anak akan menemui fase bingung, dan akan mencampur seluruh kosakata yang ia miliki. Jangan khawatir dan jangan membuat mental anak menjadi jatuh, berikan pemahaman bahwasanya terdapat banyak sekali bahasa di dunia ini, dan yang sedang anak pelajari adalah bahasa A, B dan C.

Tips Agar Anak Fasih Berbahasa Inggris

Jangan Dipaksa

Sebagai orang tua jangan pernah memaksakan kehendak yang menurut kita baik. Tidak ada yang lebih bisa mengajari anak-anak selain pengalaman bermain mereka, tugas anak-anak adalah bermain. Jangan jadikan proses belajar sebagai sesuatu yang kaku dan membosankan. Kita harus bisa menciptakan suasana belajar seperti layaknya permainan, akan tetapi sarat akan pembelajaran dan hal baru yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan bahasa Inggris, misalnya seperti: tebak gambar, bernyanyi alfabet dalam bahasa Inggris, berhitung dengan bahasa Inggris.

Ciptakan Habit

Bahasa Inggris adalah skill aktif yang akan lebih cepat dikuasai apabila dipraktikkan untuk berbicara sehari-hari. Jangan khawatir apabila kita sebagai orang tua juga tidak terlalu fasih berbahasa Inggris, mulai dengan kata sederhana seperti menyisipkan kata “please/help” ketika meminta anak melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Orang tua seharusnya juga turut serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris apabila ingin anak fasih berbahasa Inggris. kebiasaan sederhana tersebut akan merangsang anak untuk tertarik berbahasa Inggris dan memotivasinya untuk belajar lebih dalam lagi.

Cerita Sebelum Tidur

Kemampuan berbahasa juga bisa ditingkatkan dengan sering mendengarkan kosakata bahasa Inggris. Sebagai anak kecil kita harus pahami bahwasanya segala adalah hal baru untuk mereka. Membacakan cerita-cerita bahasa Inggris sebelum tidur akan membuat anak sering mendengarkan kosakata bahasa Inggris, dengan begitu otak mereka akan menangkap setiap kata dan menyimpannya dalam memori.

One Day One Vocab

Mengajari anak yang masih kecil memang berbeda dengan mengajari anak SMA yang sudah siap belajar. Sebagai orang tua kita perlu lebih sabar untuk mengajarinya. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cara memperbanyak kosakata bahasa Inggris setiap harinya. Jangan langsung dalam jumlah yang banyak, kita bisa memulai dengan satu kosakata saja perhari. Apabila sudah terbiasa tingkatkan kuantitasnya menjadi lebih banyak setiap harinya.

Manfaatkan Teknologi

Nah saat ini semakin banyak media yang dapat digunakan untuk media belajar bahasa Inggris, kita bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut sebagai media belajar agar anak semakin nyaman dalam belajar bahasa Inggris. Mulai dari menonton film anak yang berbahasa Inggris. Salah satu rekomendasi terbaik untuk ditonton adalah Frozen. Tidak hanya itu manfaatkan juga kemudahan internet hari ini dan arahkan anak untuk menonton video-video menarik berbahasa Inggris. Dengan begitu anak akan tertarik dan lebih semangat lagi dalam belajar bahasa Inggris.

Nah itulah beberapa tips sederhana cara agar anak fasih berbahasa inggris sejak dini. Semoga bermanfaat.

 

Cara Agar Anak Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini Cara Agar Anak Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini Reviewed by English Station on Agustus 01, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Entertainment

Diberdayakan oleh Blogger.